in

Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran

Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran
Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran

BAB I

PENDAHULUAN

  • LATAR BELAKANG

Pendidikan merupakan wadah yang berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak dan peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia ynag beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab. Dalam mewujudkan tujuan pendidikan dibutuhkan sosok yang mampu menjadi tumpuan proses pendidikan itu berlangsung. Guru merupakan sosok yang dibutuhkan dalam mewujudkan tujuan tersebut. Sebagai tenaga profesional yang bertugas dalam mengajar, mendidik, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi para peserta didik sehingga sosok guru dibutuhkan dalam dunia pendidikan.

Dewasa ini, banyak guru yang lalai akan peranannya dalam dunia pendidikan. Seperti beberapa kasus guru yang melakukan tindakan kurang pantas, misalnya merokok dihadapan peserta didiknya maupun dilingkungan beliau mengajar. Tindakan seperti kasus tersebut tidak pantas dilakukan oleh seorang guru mengiingat istilah Guru “Digugu dan Ditiru”. Sudah sepantasnya guru memberi contoh tindakan yang baik bagi peserta didiknya agar tindakan beliau dapat ditiru dan diterapkan oleh peserta didik yang diampunya.

Guru merupakan salah satu profesi yang dibutuhkan oleh dunia pendidikan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Sebuah profesi menuntut orang untuk memiliki profesi tersebut. Begitu juga guru, profesi tersebut dituntut memiliki kriteria dan syarat-syarat menjadi seorang guru. Selain syarat, profesi guru juga dituntut untuk memiliki peran sertanya dalam dunia pendidikan. Beberapa peran guru adalah: 1) seabgai pengajar; 2) sebagai pendidik; 3) sebagai pembimbing; 4) sebagai tenaga profesional; dan 5) seabagai pemberharu. Untuk melaksanakan peran guru tersebut, guru harus memerhatikan bagaimana dia mengimplementasika perannya dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, dalam makalah ini kami penulis akan membahas mengenai syarat sesorang disebut sebagai guru dan apa saja peran guru dalam dunia pendidikan.

  • RUMUSAN MASALAH
  • Bagaimana syarat menjadi guru ?
  • Bagaimana peran guru sebagai pengajar ?
  • Bagaimana peran guru sebagai pendidik ?
  • Bagaimana peran guru sebagai pembimbing ?
  • Bagaimana peran guru sebagai tenaga profesional ?

Bagaimana peran guru sebagai pembaharu ?

  • TUJUAN DAN MANFAAT

Tujuan :

  1. Untuk mengetahui syarat menjadi guru
  2. Untuk mengetahui peran guru sebagai pengajar
  3. Untuk mengetahui guru sebagai pendidik
  4. Untuk mengetahui guru sebagai pembimbing
  5. Untuk mengetahui guru sebagai tenaga profesional
  6. Untuk mengetahui guru sebagai pembaharu

Manfaat :

  1. Agar mengetahui syarat menjadi guru
  2. Agar mengetahui peran guru sebagai pengajar
  3. Agar mengetahui guru sebagai pendidik
  4. Agar mengetahui guru sebagai pembimbing
  5. Agar mengetahui guru sebagai tenaga profesional
  6. Agar mengetahui guru sebagai pembaharu

BAB II

PEMBAHASAN

Halaman 1 2 3

Rekomendasi

Sumber sastra arab (adab al arabi)

Sumber Sastra Arab (Adab al-Arabi) serta Faktor yang Mempengaruhinya

Kompetensi Guru

Makalah Tentang Kompetensi Guru