in

Makalah Tentang Kompetensi Guru

Kompetensi Guru
Kompetensi Guru

BAB I

PENDAHULUAN

  1. LATAR BELAKANG

Pendidikan merupakan wadah yang berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak dan peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia ynag beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab. Dalam mewujudkan tujuan pendidikan dibutuhkan sosok yang mampu menjadi tumpuan proses pendidikan itu berlangsung. Guru merupakan sosok yang dibutuhkan dalam mewujudkan tujuan tersebut. Sebagai tenaga profesional yang bertugas dalam mengajar, mendidik, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi para peserta didik sehingga sosok guru dibutuhkan dalam dunia pendidikan.

Dewasa ini, banyak guru yang lalai akan peranannya dalam dunia pendidikan. Seperti beberapa kasus guru yang melakukan tindakan kurang pantas, misalnya merokok dihadapan peserta didiknya maupun dilingkungan beliau mengajar. Tindakan seperti kasus tersebut tidak pantas dilakukan oleh seorang guru mengingat istilah Guru “Digugu dan Ditiru”. Sudah sepantasnya guru memberi contoh tindakan yang baik bagi peserta didiknya agar tindakan beliau dapat ditiru dan diterapkan oleh peserta didik yang diampunya.

Guru merupakan salah satu profesi yang dibutuhkan oleh dunia pendidikan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Sebuah profesi menuntut orang untuk memiliki profesi tersebut. Begitu juga guru, profesi tersebut dituntut memiliki kompetensi dan profesionalisme menjadi seorang guru. Untuk mengetahui kompetensi guru tersebut, guru harus memerhatikan bagaimana dia mengimplementasikan perannya dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, dalam makalah ini kami penulis akan membahas mengenai kompetensi guru dalam dunia pendidikan.

  • RUMUSAN MASALAH
  • Bagaimana kompetensi guru dalam dunia pendidikan ?
  • Bagaimana bentuk profesional guru ?
  • TUJUAN PEMBAHASAN
  • Untuk mengetahui kompetensi guru dalam dunia pendidikan.
  • Untuk mengetahui bentuk profesionalisme guru.

BAB II

PEMBAHASAN

  1. KOMPETENSI GURU

Istilah kompetensi (competence) dalam bahasa Indonesia diartikan sebagaikecakapan atau kemampuan. Kompetensi pada dasarnya menunjukkan kepada kecakapan atau kemampuan untuk mengerjakan suatu pekerjaan. Dan kompetensi juga merupakan suatu sifat (karakteristik) orang-orang (kompetensi) ialah yang memiliki kecakapan, daya (kemampuan), otoritas (kewenangan), kemahiran (keterampilan), pengetahuan, dan untuk mengerjakan apa yang diperlukan.

Kompetensiadalah seperangkat pengetahuan, keterampilan dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh guru atau dosen dalam melaksanakan tugas kerpofesionalan. Guru merupakan jabatan atau profesi yang memerlukan keahlian khusus. Pekerjaan ini tidak dapat dilakukan oleh orang yang tidak memiliki keahlian untuk melakukan kegiatan atau pekerjaan sebagai guru.[1] Sebagai seorang guru yang memberikan pendidikan dan pengajaran di kelas, upaya menciptakan pembelajaran yang kondusif merupakan prasarat yang harus dipenuhi sebelum proses pembelajaran itu sendiri dilaksanakan. Seorang guru yang bijaksana selalu berfikir bahwa proses pembelajaran tidak mungkin dicapai jika kondisi pembelajarannya sendiri tidak mendukung. Tetapi, akan sangat berbeda bagi guru yang dalam mendidik dan mengajar hanya untuk mengejar target kurikulum yang harus diselesaikan setiap waktunya. Mereka sering mengabaikan kondisi, sehingga ketika kondisi siswa belum siap mengikuti, pembelajaranpun tetap dilaksanakan.[2]

Dalam undang-undang No.14 tahun 2005 pada pasal 10 ayat 1 dijelaskan bahwa guru harus memiliki empat kompetensi dalam mengajar untuk menunjang pribadi guru agar menjadi guru yang profesional.[3] Adapun kompetensi yang harus dimiliki oleh guru adalah:

Halaman 1 2 3

Rekomendasi

Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran

Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran

Rencana Jadwal Seleksi CPNS dan PPPK (tentatif) 2021

Catat! Inilah Rencana Jadwal Seleksi CPNS dan PPPK (tentatif) 2021