in

Hukum Kekekalan Momentum dan Tumbukan


Kaji-1: Merriam bermassa 200 kg menembakkan pelurunya yang bermassa 2 kg dengan laju 200 m/s. Tentukanlah laju pentalan meriam sesaat setelah menembakkan pelurunya!
Jawab:Besaran yang diketahui.

Laju pentalan meriam setelah menembakkan peluru dihitung dengan Hk kekekalan momentum

Latih-1: Merriam bermassa 300 kg menembakkan pelurunya yang bermassa 3 kg dengan laju v m/s. Tentukanlah laju nilai v jika meriam terpental dengan kelajuan 4 m/s ke belakangng!

Kaji-2: Sebuah perahu massanya 100 kg dinaiki oleh seseorang yang massanya 50 kg. Mula-mula bergerak dengan kecepatan 10 m/s. Kemudian orang tersebut melompat ke belakang, berlawanan dengan arah gerak perahu dengan kecepatan 2 m/s. Tentukanlah kecepatan perahu sesaat setelah orang melompat dari perahu!

Jawab:
Besaran yang diketahui.

Kecepatan perahu setelah orang loncat dihitung dengan kekekalan momentum.

Latih-2: Sebuah perahu massanya 100 kg dinaiki oleh dua orang yang massanya 50 kg. Mula-mula bergerak dengan kecepatan 10 m/s. Kemudian seseorang dalam perahu tersebut melompat ke depan, searah dengan arah gerak perahu dengan kecepatan 2 m/s. Tentukanlah kecepatan perahu sesaat setelah orang melompat dari perahu!

Kaji-3: Bola A bermassa 2 kg meluncur ke kanan dengan kecepatan 10 m/s sepanjang meja licin dan menumbuk bola B yang bermassa 8 kg diam. Bila arah ke kanan di ambil positif dan tumbukannya lenting sempurna, tentukanlah kecepatan bola A dan B secara berturut-turut setelah tumbukan!

Jawab:
Besaran yang diketahui.

Pada saat tumbukan berlaku hukum kekekalan momentum.

Halaman 1 2 3

Rekomendasi

Tumbukan Momentum

Pembahasan Materi Fisika Momentum dan Cara Mengerjakan Soalnya dengan Mudah

Viral Kisah Perjuangan Andreas Anak SMK Yang Hidup Sendirian Tanpa Orang Tua

Viral, Berjuang Hidup Sendirian Tanpa Kedua Orang Tua