in

10 Sunnah Idul Adha, Sebelum dan Sesudah Sholat Id sesuai Anjuran Nabi

Amalan sunnah sebelum dan sesudah sholat Id

Rapor.ikhtisar.net – Berikut adalah 10 Amalan Sunnah Idul Adha, Sebelum dan sesudah Sholat Id sesuai Anjuran Nabi Muhammad SAW.

Tak sekadar perayaan, momen Idul Adha ditandai dengan pelaksanaan salat Idul Adha berjamaah di masjid atau tempat-tempat terbuka lainnya yang mampu menampung banyak jamaah.

Sesuai sunnah Nabi, ada beberapa amalan sunnah sholat Idul Adha, termasuk sunnah sebelum dan sesudah salat Ied. Bagi siapa yang mengerjakan sunnah Idul Adha, maka ia akan mendapatkan keistimewaan Idul Adha di mata Allah Ta’ala.

Dalam artikel ini, admin akan mengulas tentang sunnah-sunnah Idul Adha yang perlu diketahui agar bisa menjadi semangat kamu untuk menambah pahala.

Idul Adha atau disebut Hari Raya Haji setiap tahunnya dirayakan umat Muslim di seluruh dunia, tepatnya pada tanggal 10 Dzulhijjah.

Disebut ‘Hari Raya Haji’ atau ‘Lebaran Haji’ karena pada hari itu, kaum Muslimin yang sedang menunaikan haji di Tanah Suci melakukan wukuf di Padang Arafah. Mereka semua mengenakan pakaian serba putih yang disebut pakaian ihram.

Momentum Idul Adha juga sering disebut Hari Raya Qurban. Perayaan ini berkaitan dengan peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim a.s mengorbankan putranya sendiri Ismail untuk disembelih sebagai bentuk ketaatan beliau pada Allah Ta’ala.

Sunnah-sunnah Sebelum dan Sesudah Sholat Idul Adha

Lalu, apa sajakah sunnah-sunnah sebelum dan sesudah salat Idul Adha sesuai anjuran Rasulullah yang sangat baik diamalkan bagi kaum Muslim? Selain Membaca Bacaan Takbir di malam hari nya.

Selengkapnya dikutip dari indozone.id, simak ulasan berikut ini, dirangkum dari berbagai sumber:

1. Mandi sebelum berangkat sholat Idul Adha

amalan sunnah sebelum sholat Idul Adha
Ilustrasi mandi sebelum sholat Idul Adha (cheatsheet)

Sunnah Idul Adha yang pertama adalah mandi sebelum berangkat sholat Idul Adha, bisa dilakukan sebelum atau sesudah sholat Subuh pada pagi hari.

Diriwayatkan dalam hadits Ibnu Majah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Dan dari Amdullah bin Abbas Raliyallahu Anhuma, ia berkata, ‘Bahwasannya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mandi pada hari Idul Fitri dan Idul Adha’.”

2. Mengenakan pakaian terbaik

sunnah Idul Adha mengenakan pakaian terbaik
Ilustrasi pakaian Hari Raya Idul Adha (Instagram/@dinnarosalina)

Amalan sunnah sebelum sholat Idul Adha didasari pada hadist riwayat Jabir bin Abdillah, di mana Rasulullah memiliki jubah yang ia gunakan ketika hari raya dan hari Jumat.

Dari Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan kami pada dua hari raya (Idul Fitri dan Idul Adha) untuk memakai pakaian terbaik yang kami punya, dan memakai wangi-wangian yang terbaik yang kami punya, dan berkurban dengan hewan yang paling mahal yang kami punya.” (Hadits Riwayat Al Hakim dalam Al Mustadrak)

3. Tidak makan sebelum sholat Idul Adha

sunnah Idul Adha tidak makan sebelum sholat Idul Adha
Ilustrasi makanan (Unsplash/Hari Nandakumar)

Berbeda dengan Idul Fitri yang disunnahkan untuk makan terlebih dahulu, pada hari Idul Adha justru tidak dianjurkan makan sebelum melaksanakan sholat Idul Adha.

Alasan tidak makan terlebih dahulu bertujuan agar daging qurban bisa segera disembelih dan dinikmati setelah sholat Ied, sebagaimana diriwayatkan dari Buraidah ra:

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak keluar pada hari Idul Fitri sebelum makan dan tidak makan pada hari Idul Adha hingga beliau menyembelih qurban.” (Hadits Riwayat Ahmad, Tirmidzi dan Ibnu Majah)

4. Berhias sewajarnya, memakai parfum (non alkohol) atau wewangian, dan bersiwak atau gosok gigi.

sunnah sholat Idul Adha menggosok gigi
Ilustrasi sikat gigi (Unsplash/@superkitina)

Dalam hal berhias, dianjurkan untuk tidak mengenakan pakaian atau perhiasaan mencolok, apalagi berlebihan. Sementara untuk wewangian, sebaiknya para Muslimah tidak memakai parfum yang baunya tajam karena ada hadits yang melarangnya.

5. Mengajak keluarga dan anak-anak

sunnah Idul Adha mengajak keluarga dan anak-anak
Pelaksanaan sholat Idul Adha (ANTARA/Desca Lidya Natalia)

Sunnah Idul Adha berikutnya yaitu mengajak serta keluarga dan anak-anak, sebagaimana dalam sebuah hadits dari Ummu ‘Athiyah, di mana Rasulullah  memerintahkan seluruh wanita untuk sholat Ied.

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan kepada kami pada saat shalat Ied (Idul Fitri ataupun Idul Adha) agar mengeluarkan para gadis (yang baru beanjak dewasa) dan wanita yang dipingit, begitu pula wanita yang sedang haid. Namun beliau memerintahkan pada wanita yang sedang haid untuk menjauhi tempat shalat.” (Hadits Riwayat Imam Bukhari dan Muslim)

6. Bertakbir dalam perjalanan menuju tempat sholat

sunnah sebelum sholat Idul Adha mengumandangkan takbir
Pelaksanaan sholat Idul Adha di tanah lapang (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas)

Selama perjalanan menuju lokasi sholat Idul Adha, disunnahkan untuk mengumandangkan takbir sampai imam sholat datang.

Bahkan, disunnahkan bertakbir sejak 9 Dzulhijjah setelah Subuh. Di antara lafazh takbir, boleh dua kali takbir, boleh pula tiga kali takbir.

“Allahu akbar Allahu akbar Allahu akbar, laa ilaaha ilallah huwallahuakbar, Allahu akbar walilaahilham.”

Artinya: “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, tidak ada ilah kecuali Allah, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala pujian hanya untuk-Nya.”

Apabila imam sudah datang, maka jamaah sholat Ied ikut mengumandangkan takbir dengan arahan dari imam sampai dimulainya sholat.

Khusus bagi kaum perempuan, dianjurkan untuk tidak mengeraskan bacaan takbir dan tidak memakai wewangian berlebihan.

7. Dianjurkan berjalan kaki

sunnah sebelum sholat Idul Adha berjalan kaki ke masjid
Ilustrasi bangunan masjid (Unsplash/@royarka)

Salah satu amalan sunnah sebelum sholat Idul Adha adalah berangkat ke tempat sholat dengan berjalan kaki, baik saat pergi maupun pulang, sebagaimana hadits dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhu:

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berangkat sholah Ied dengan berjalan kaki, begitu pula ketika pulang.” (Hadits Riwayat Ibnu Majah)

8. Melewati jalan berbeda setelah pulang

sunnah setelah sholat Idul Adha melewati jalan berbeda saat pulang
Ilustrasi bangunan masjid (Unsplash/@royarka)

Selain berjalan kaki, sunnah setelah sholat Idul Adha yaitu mengambil jalan yang berbeda dari saat pergi tadi, sebagaimana hadits dari Jabir radhiyallahu ‘anhu:

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika sholat Ied, beliau lewat jalan yang berbeda saat berangkat dan pulang.” (Hadits Riwayat Bukhari no. 986)

9. Menyegerakan waktu mulai sholat Idul Adha

amalan sunnah sebelum dan sesudah sholat Idul Adha
Ilustrasi sholat Idul Adha berjamaah (dawahnigeria.com)

Kemudian, sunnah sholat Idul Adha yang penting adalah menyegerakan waktu dimulainya sholat. Tujuannya agar lebih banyak waktu tersedia untuk menyembelih hewan qurban. 

10. Saling menyapa kepada sesama kaum Muslimin

sunnah setelah sholat Idul Adha saling menyapa kaum Muslimin
Ilustrasi umat Muslim saling bersilaturahmi (Pexels/mentatdgt)

Terakhir, sunnah Idul Adha setelah melaksanakan sholat yaitu saling menyapa kepada sesama kaum Muslimin dengan ucapan salam dan doa.

“Jika kalian diberi salam dalam bentuk apa pun, maka balaslah dengan salam yang lebih baik atau jawablah dengan yang semisal.” (Q.S An-Nisa ayat 86)

Demikianlah ulasan tentang sunnah-sunnah Idul Adha, termasuk sunnah sebelum dan sesudah sholat Idul Adha yang sangat baik dikerjakan. Selain menambah pahala, pun bisa meningkatkan rasa takwa kepada Allah SWT. Wallahu’lam bishawab.

SIMAK JUGA

Tata Cara Sholat Idul Adha

Tata Cara Sholat Idul Adha, Sendirian Dirumah Maupun Berjamaah

Kode Redeem Free Fire FF 17 Agustus 2020

Kode Redeem FF 31 Juli 2020, Karakter Luqueta